5 Tips Belajar Gitar Bagi Pemula

Salah satu alat musik petik yang populer dimainkan oleh kebanyakan orang adalah gitar. Seseorang akan mempunyai nilai lebih dan terlihat keren jika bisa memainkan gitar, karena tidak semua orang bisa melakukannya.

Diibaratkan masakan akan terasa kurang sedap jika tidak ada garam di dalamnya. Begitu juga dengan gitar, kurang lengkap rasanya jika dalam suatu pertunjukan konser tidak ada alat musik ini.

Ada banyak sekali merek gitar yang beredar di pasaran. Untuk harganya bervariasi tergantung kwalitas gitar itu sendiri. Lebih baik mengeluarkan uang banyak dan mendapatkan gitar yang berkwalitas bagus, daripada yang murah tapi kwalitasnya jelek, seperti gitar palsu contohnya.

Tips Belajar Gitar Untuk Pemula

Gitar sendiri pada dasarnya terbagai ke dalam dua jenis yaitu Gitar Elekrik dan Gitar Akustik. Dan di dalam dua jenis tersebut masih terbagi-bagi lagi macamnya. Tinggal pilih saja gitar mana yang cocok sesuai dengan kebutuhan kalian.

Langsung saja kembali lagi ke topik utama dalam artikel ini tentang tips belajar gitar bagi pemula. Silahkan dibaca dan dipraktekan jika kalian ingin belajar alat musik petik yaitu gitar.

1. Niat Untuk Bisa Bermain Gitar

Hal dasar yang harus kalian miliki ketika ingin bisa memainkan alat musik gitar adalah sebuah niat. Karena jika dari dalam diri sendiri sudah tidak ada keinginan untuk bisa, maka proses belajar untuk bisa bermain gitar akan terasa tidak menyenangkan.

Tanamkan dalam diri kalian masing-masing, kalau keinginan untuk bisa bermain gitar itu benar-benar dari keinginan diri sendiri bukan atas paksaan atau kehendak orang lain.

Ketika rasa malas untuk belajar gitar datang menghampiri, ingatkan kepada diri kalian sendiri tujuan kalian ingin bisa bermain gitar itu untuk apa dan mengapa harus belajar gitar.

2. Punya Gitar Sendiri

Jika kalian benar-benar serius ingin belajar gitar, setidaknya kalian harus memiliki gitar sendiri. Walaupun kalian bisa meminjam gitar milik orang lain, tapi akan lebih afdol jika punya gitar sendiri.

Untuk pembelian gitar, belilah gitar yang berkwalitas sekalian. Jangan beli gitar abal-abal yang harganya jauh lebih murah dan kwalitasnya jelek. Dengan gitar yang kwalitasnya bagus, ditambah kalian bisa merawatnya, maka gitar tersebut akan awet dipakai untuk jangka panjang.

Bahkan banyak orang yang menginvestasikan uangnya dengan mengkoleksi berbagai macam gitar. Karena untuk gitar dengan merk-merk tertentu, harganya akan semakin naik seiring berjalannya waktu.

Salah satu penyebabnya adalah nilai mata uang yang semakin turun sedangkan harga gitar cenderung stabil bahkan mengalami kenaikan setiap tahunnya. Jadi jangan ragu untuk membeli gitar yang berkwalitas dengan merk yang sudah terkenal.

3. Belajar Dari Orang Yang Bisa Bermain Gitar

Ada banyak sumber ilmu yang bisa kalian dapatkan ketika ingin belajar alat musik gitar, seperti melihat video di youtube, membaca sebuah artikel di internet atau di buku dan masih banyak sumber ilmu yang lainnya.

Tapi akan lebih enak dan mudah belajar gitar, ketika ada orang yang mau mengajari dan membimbing secara langsung. Belajarlah dari orang yang bisa bermain gitar, mintailah bantuan kepada orang yang kalian kenal yang bisa bermain gitar.

Jika kalian ingin belajar secara otodidak tanpa ada orang lain yang mengajari secara langsung, itu juga tidak ada salahnya. Yang penting ketika belajar bermain gitar entah dari siapa atau apapun sumbernya, kalian bersungguh sungguh untuk mempelajarinya.

4. Nikmati Proses Belajar dan Latihannya

Untuk bisa mamainkan sebuah alat musik gitar tidak bisa instan begitu saja. Perlu waktu yang tidak sebentar untuk bisa luwes memainkan sebuah gitar. Tidak mungkin hanya satu kali berlatih terus langsung bisa, perlu adanya ketekunan serta konsistensi dalam berlatih.

Walaupun perlu adanya konsistensi serta ketekunan ketika berlatih gitar, jalani dan nikmati saja prosesenya. Tidak perlu dijadikan sebuah beban, jadi berlatihlah dengan santai tapi serius.

Pada awal latihan hal yang biasanya terjadi pada orang yang ingin bisa bermain gitar adalah ujung jari yang menekan senar akan terasa sakit. Tapi itu hanya sementara saja, seiring berjalannya waktu rasa sakit itu akan hilang dan tidak akan terasa lagi.

5. Belajar Teknik atau Materi Yang Baru

Tidak ada batasan ilmu dalam dunia ini. Jadi jangan pernah merasa hebat dan berpuas diri dengan apa yang kalian bisa sehingga menjadikan diri kalian tidak mau untuk memperlajari hal-hal yang baru.

Begitu juga dengan dunia gitar. Jika kalian ingin benar-benar jago dalam bermain gitar, jangan pernah merasa puas dengan apa yang kalian bisa. Teruslah konsisten dalam belajar gitar, dan terus latih skill kalian dengan materi yang baru.

Perbanyaklah ilmu dan pengetahuan kalian tentang gitar, kuasailah skill dengan terus belajar dan menambah materi baru dalam berlatih gitar.

Penutup

Bisa memainkan sebuah alat musik gitar adalah sesuatu yang menyenangkan dan memberi nilai lebih kepada orang yang bisa memainkannya, karena tidak semua orang bisa memainkan alat musik ini. Perlu latihan yang tekun serta konsisten dalam menjalani proses belajarnya.

Okelah, mungkin hanya ini sedikit artikel yang saya punya kali ini tentang Tips Belajar Gitar Bagi Pemula. Semoga bisa menjadi bacaan yang menarik serta bisa diambil manfaatnya. Terimakasih telah meluangkan sedikit waktunya untuk berkunjung dan membaca..