Inilah 4 Suporter Fanatik Sepakbola Di Indonesia

Negara Indonesia yang berbentuk kepulauan dikaruniai dengan banyaknya suku dan budaya yang berbeda. Sehingga membuat Indonesia menjadi negara yang kaya dengan keanekaragaman.

Termasuk dalam dunia sepakbola, Hampir di setiap daerah yang ada di Indonesia mempunyai tim sepakbola yang berbeda-beda nama serta dukungan dari para suporter yang berbeda juga.

Tidak bisa dipungkiri kalau banyak dari masyarakat indonesia yang sangat suka ada fanatik dengan klub sepakbola yang didukungya. Terbukti banyaknya masyarakat atau suporter yang hadir di stadion ketika klub yang dibelanya sedang menjalani sebuah pertandingan.

Bahkan pertandingan tandangpun banyak dari mereka yang mengorbankan waktu, biaya, tenaga, pekerjaan atau mungkin sekolahnya untuk tetap bisa mengawal dan mendukung klub kebanggaan yang didukungnya.

Itu semua mereka lakukan dengan harapan klub sepakbola yang didukungya dapat memberikan tontonan yang menarik serta dapat memenangkan setiap pertandingan dan mengumpulkan poin demi poin untuk menjadi juara di akhir kompetisi.

Berikut ini adalah beberapa suporter yang ada di Indonesia yang terkenal dengan keloyalitasanya terhadap klub sepakbola yang dibanggakannya. Tak kenal tandang ataupun kandang mereka selalu mengawal klub yang didukungnya.

1. Bonek Mania

Adalah suporter atau pendukung dari klub Persebaya Surabaya, salah satu klub sepakbola yang ada di provinsi jawa timur, yaitu Surabaya kota penuh perjuangan dan mendapat sebutan sebagai kota pahlawan.

Bonek sendiri adalah singkatan dari bondo nekat. Hal itu tergambar ketika banyaknya bonek mania yang berani away ke kandang lawan dengan bekal seadanya dan hanya ikut naik turun ngompreng kendaraan yang mengarah ke kota yang dituju.

Walaupun dahulu bonek pernah mendapat stigma negatif dari masyarakat karena sering rusuh dan lain hal, akan tetapi sekarang bonek sudah belajar untuk menjadi suporter yang kreatif dan meninggalkan stigma negatif tersebut untuk menjadi yang lebih baik.

Terbukti sekarang ketika mendukung persebaya baik kandang maupun kandang jarang terjadi kerusuhan yang melibatkan bonek walaupun masih ada beberapa insiden, tapi seiring berjalannya waktu bonek menjadi lebih dewasa dan kreatif.

Loyalitas bonek mania kepada persebaya surabaya sudah tidak bisa diragukan lagi. Terbukti ketika persebaya sedang dalam keadaan sulit seperti ketika tim tersebut tidak diakui oleh pssi, mereka tetap setia untuk memperjuangkan persebaya sampai akhirnya tim tesebut dapat diakui kembali.

Hal tersebut membuat banyak suporter dari klub lain yang respect dan mengapresiasi dengan apa yang dilakukan bonek terhadap klub yang didukungya Persebaya Surabaya.

Tidak hanya itu, ketika mendukung Persebaya Surabaya, bonek juga banyak membawakan lagu atau chant yang selalu dinyanyikankan di dalam stadion. Tentunya itu akan menambah semangat para pemain untuk memenangkan pertandingan.

2. Brigata Curva Sud

Brigata Curva Sud atau sering disingkat dengan BCS adalah suporter klub sepakbola yang ada di salah satu kabupaten yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya kabupaten Sleman, yaitu Pss Sleman.

Suporter beraliran ultras yang identik dengan warna hitam atau gelap ini mendiami tribun kuning di belakang gawang sebelah selatan yang ada di stadion maguwoharjo sleman. Selalu berdiri dan bernyanyi selama sembilan puluh menit tidak bisa dipisahkan dari suporter ini.

Nyanyian lagu atau chant yang dibawakan oleh Brigata Curva Sud hanya untuk mendukung Pss Sleman tanpa ada lagu nyanyian atau chant rasis kepada klub lawan bertanding atau suporter lain. Mungkin bisa dibilang Brigata Curva Sud adalah salah satu pelopor berkurangnya lagu atau chant rasis kepada suporter lawan.

Suara lantang dari awal pertandingan sampai akhir pertandingan serta pembuatan koreo yang bisa dikatakan termasuk sempurna dan indah untuk dipertontonkan membuat nilai lebih bagi Brigata Curva Sud di mata suporter atau penikmat sepakbola dari klub lain.

Spanduk dengan tulisan tertentu dan ukuran yang besar serta panjang biasanya terlihat jelas di belakang gawang sebelah selatan stadion maguwoharjo. Tak cuma hanya itu, ada beberapa orang yang duduk diatas pagar sambil mengibarkan bendera berukuran cukup besar atau biasa disebut giant flag.

3. The Jak Mania

 The Jak Mania adalah suporter dari tim ibukota indonesia yaitu Persija jakarta. Jak Mania merupakan salah satu kelompok suporter sepakbola yang ada di Indonesia dengan jumlah anggota yang bisa dibilang banyak dan tersebar diseluruh indonesia dan berpusat di jakarta.

Walaupun untuk kompetisi liga satu tahun dua ribu delapan belas, persija menjalani pertandingan tidak di rumahnya sendiri yaitu jakarta. Tetapi para jak mania tetap setia dan memenuhi tribun untuk bernyanyi memberikan dukungan kepada persija jakarta.

Hal itu membuktikan betapa cintanya suporter kepada klub persija jakarta. Karena bukan hal yang mudah untuk meninggalkan segala aktivitasnya demi untuk tetap untuk membela klub sepakbola yang menjadi kebanggaanya.

Karena nyanyian, teriakan, serta hadirnya suporter di stadion untuk tetap ada untuk klub yang didukungnya tentu akan meningkatkan semangat bermain pemain di lapangan serta menampilkan permainan indah untuk memenangkan pertandingan.

Jak Mania sendiri juga cukup banyak mempunyai lagu atau chant yang selalu mereka nyanyikan ketika ada di stadion contohnya adalah lagu yang berjudul kami bersama persija, persija kesurupan, persija menyatukan kita semua, dan masih banyak yang lainnya

4. Bobotoh

Bobotoh adalah kumpulan suporter yang mendukung tim sepakbola yang berasal dari kota yang biasa disebut dengan julukan kota kembang. Tidak salah lagi yaitu adalah Persib Bandung, sebuah klub sepakbola yang berasal dari salah satu kabupaten yang ada di jawa barat yaitu Bandung.

Jumlah bobotoh pendukung persib bandung termasuk salah satu pendukung klub sepakbola yang mempunyai jumlah anggota yang sangat banyak dan tersebar bukan hanya di kota bandung saja melainkan banyak juga di kota lain diluar kota bandung itu sendiri.

Suara gemuruh suporter ketika Persib Bandung menjalani laga kandang seringkali kita dengarkan, menandakan banyaknya orang yang bernyanyi dengan lantang memberikan dukungan kepada Persib Bandung supaya bisa memenangkan pertandingan.

Fanatisme serta dukungan yang loyal para suporter, membuat tim yang dijuluki dengan julukan Maung Bandung ini mempunyai finansial yang cukup besar. Terbukti dari banyaknya pemain hebat yang berhasil didatangkan untuk bermain di klub Persib Bandung.

Hal itu membuat Persib Bandung dan juga para suporternya menjadi klub sepakbola yang mempunyai nama besar di dunia persebakbolaan yang ada di negara ini.

Penutup

Oke mungkin artikel tentang Suporter Fanatik sepakbola yang ada di Indonesia cukup sampai di sini. Suporter yang fanatik memberikan dukungan kepa klub sepakbola yang dibanggakannya, bernyanyi dengan lantang untuk menyemangati para pemain di lapangan itu adalah hal yang positif.

Tapi jika fanatisme itu berlebihan juga ada dampak negatifnya. Jangan sampai menjadi suporter yang rela mengorbankan segalanya hanya karena terbutakan oleh fanatisme yang berlebihan. Karena damai banyak saudara itu lebih indah daripada menyimpan dendam dan banyak musuh di mana-mana.

Terimakasih telah meluangkan sedikit waktunya untuk berkunjung dan mebaca. Apa yang tertulis dalam artikel ini adalah sebuah pendapat versi penulis dan mungkin berbeda dengan pendapat para pembaca. Semoga apa yang tertulis dalam artikel ini bisa menjadi bacaan yang menarik serta meberikan manfaat